Tabulin Kebidanan Komunitas


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Angka kematian ibu dan angka kematian bayi merupakan indikator penting untuk menilai dan kesejahteraan suatu negara dan status kesehatan masyarakat. Angka kematian ibu sebagian besar kematian neonatal yang berkaitan dengan status kesehatan ibu saat hamil, pengetahuan ibu dan keluarga terhadap pentingnya peran tenaga kesehatan serta ketersediaan fasilitas kesehatan kebijakan dan sentralisasi yang melimpahkan wewenang kepada daerah maka Dinas Kesehatan Kabupaten bertanggung jawab penuh merencanakan dan melaksanakan pelayanan kesehatan, termasuk dalam implementasian pelayanan kesehatan pada ibu dan bayi baru lahir adalah gerakan nasional kehamilan yang aman Making Pregnancy Safer (MPS) yang di rencanakan di Indonesia pada tahun 2000.
Maka dari itu peran serta masyarakat dalam peran serta perwujudan Desa Siaga dibutuhkan, salah satunya dengan di adakannya Program Tabulin atau Dosolin yang bermanfaat sebagai pembiayaan dalam persalinan atau pasca persalinan. Kegiatan ini ditujukan untuk dapat menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.
Salah satu cara untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi dengan Sistem pelayanan kesehatan. Salah satu unsur dari kesehatan adalah subsistem pembayaran dalam pelayanan kesehatan. Sebagian bagian integral dari puskesmas, reformasi kebijakan yang di arahkan di tingkat puskesmas di jabarkan pula di unit integralnya, termasuk dalam menggeser pola pembayaran tunai menjadi pra upaya. Pembiyaan kesehatan yang adil adalah pembiyaan kesehatan secara tunai yang terhambatnya akses ke pelayanan kesehatan.
Pada dasarnya, pembiyaan kesehatan diarahkan untuk melindungi ibu dan anak dari ancaman biaya dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Beberapa program yang sudah berkembang adalah tabungan ibu bersalin ( tabulin ).
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Tabulin ?
2.      Bagaimana Tahapan Tabulin ?
3.      Bagaimana mekanisme Tabulin ?
4.      Apa tujuan dari Tabulin ?
5.      Apa manfaat dari Tabulin ?

1.3  Tujuan Penulisan
1.3.1 Tujuan Umum
    Untuk memenuhi  tugas mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas
1.3.2 Tujuan Khusus
1. Untuk mengetahui Definisi dari Tabulin
            2. Untuk mengetahui tahapan dari Tabulin
            3. Untuk mengetahui mekanisme dari Tabulin
4. Untuk mengetahui tujuan dari Tabulin
5. Untuk mengetahui manfaat dari Tabulin

1.4  Manfaat Penulisan
1. Agar mahasiswa mengetahui Definisi dari Tabulin
2. Agar mahasiswa mengetahui tahapan dari Tabulin
3. Agar mahasiswa mengetahui mekanisme dari Tabulin
4. Agar mahasiswa mengetahui tujuan dari Tabulin
5. Agar mahasiswa mengetahui manfaat dari Tabulin
.







BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Definisi Tabulin (Tabungan Ibu Bersalin)
            Tabulin adalah uang yang dikumpulkan oleh ibu hamil dan disempan sendiri dirumah, dibank, atau di Bidan yang akan membantu persalinan. Selain berupa uang, simpanan dapat berbentuk hewan ternak (seperti, sapi dan lain-lain), perhiasan, dan sebagianya yang ketika waktunya tiba dapat dijual dan hasilnya bisa digunakan baiaya persalinan.

2.2 Tahapan Tabulin
2.2.1 Ibu yang sudah mengetahui kehamilannya, diminta mulai menabung untuk persalinannya.
2.2.2 Tabulin merupakan tabungan keluarga, bukan tanggung jawab ibu yang harus menyisihkan uang untuk persalinannya, tetepai suami juga harus menabung untuk dana persalinan. Terutama bagi keluarga yang penghasilannya tunggal (suami yang berpenghasilan). Jadi perlu ada kesepakatan dengan suami.
2.2.3 Jika ibu hamil menngalami kesulitan menyampaikan kepada suami, maka anggota SIAGA (Siap Antar Jaga) lain perlu membicarakannya dengan para suami dalam pertemuan - pertemuan desa, pertemuan para bapak, ataupun pendekatan secara individual.
2.2.4 Waktu perkiraan persalian sudah dapat diketahui sehingga ibu atau keluarga mampu memperkirakan kapan dana akan digunakan. Jika simpanan tidak berupa uang,  ibu dan keluarga harus bisa memperkirakan kapan simpanan bisa diuangkan, misalnya menjual hasil panen, menjual ternak.
2.2.5 Tabulin dalam bentuk uang, dapat disimpan dibank, dirumah, atau pada bidan. Tabulin dapat diisi dengan mencicil. Tbulin yang disimpan pada bidan dapat dititipkan pada saat pemeriksaan kehamilan.
            Peran kader disini adalah menyarankan atau memotivasi ibu-ibu agar mempunyai persiapan persalinan.

2.3 Mekanisme Tabulin
Tabungan itu terbentuk berdasarkan RW atau Posyandu. Bila posyandunya empat, maka tabungannya ada empat didesa itu.

2.4  Tujuan Tabulin
Tabungan bersalin ( tabulin ) sudah di mulai sebelum ada desa siaga. Bidan di tuntut memberi penjelasan kepada ibu hamil dan keluarganya tentang kegunaan tabulin, meskipun orang yang mampu. Seharusnya, orang yang mampu tersebut dapat member contoh kepada orang yang tidak mampu untuk menabung. Ibu hamil yang mengikuti tabulin di beri buku yang di bawa setiap pemeriksaan. Tabungan itu di bentuk berdasarkan rukun warga ( RW ) atau posyandu. Jika ada 4 posyandu di suatu tempet, tabungannya ada tempat didesa tersebut. Kita juga harus menentukan jumlah tabungan ibu hamil setiap minggunya dan member penjelasan kepada ibu hamil, betapa pentingnya manfaat tabulin sehingga ibu hamil mempunyai kesadaran untuk melaksanakan tabulin. Banyak sekali hal yang sebenarnya kelihatan kecil atau sepele, seperti menyiapkan tabungan dan bantuan tetangga yang dapat mengantarkan pada saat terjadinya persalinan secara tiba-tiba. Hal ini dapat menginspirasi banyak masyarakat agar dimasa mendatng, tabulin dapat di sosialisasikan dengan baik dimasyarakat.
Adapun tujuan dari Tabulin, antara lain :
1.    Menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia.
2.    Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama ibu hamil.
3.    Memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uangnya di tabung sebagai persiapan persalinan.

2.5 Manfaat Tabulin
Keberhasilan pemberdayaan perempuan di sektor kesehatan juga terlihat pada indicator persalinan yang di tolong medis. Intervensi yang dilakukan adalah mengiatkan penyuluhan masyarakat , khususnya di pedesaan dan menyediakan lebih banyak lagi pusat “ pelayanan Kesehatan Masyarakat “ bersama tenaga medisnya. Pemberdayaan perempuan di sector kesehatan telah berhaisl meningkatkan usia harapan hidup perempuan. Salah satu kegiatan ini adalah membuat tabungan ibu bersalin ( tabulin ). Tabulin adalah salah satu program kesehatan yang dinilai sangat positif karena langsung menyentuh masyarakat. Tabungan yang bersifat social ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukung program tersebut karena penggalangan dana tabungan di lakukan melalui pola jimpitan ( sejenis iuran sukarela ).
Adapun manfaat dari tabulin, antara lain :
1.    Sebagai tabungan atau simpanan itu yang digunakan untuk biaya persalinan atau sesudah persalinan.
2.    Ibu dan keluarga tidak merasa  terbebani terhadap biaya persalinan.




























DAFTAR PUSTAKA

Syafrudin. 2009. Kebidanan Komunitas. Jakarta : EGC
Melani, Nieken. 2000. Kebidanan Komunitas. Jogjakarta : Fitrah Maya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASKEB KESPRO DISMINORE

PERUBAHAN IKLIM