TUGAS HUMANIORA D4 KEBIDANAN

D4 Transfer Universitas Kadiri Smt.7

TUGAS INDIVIDU HUMANIORA

Nama               : Endah Sri Wulandari

SOAL             :
Bagaimana cara humaniora bidan ketika ada pasien yang seharusnya dirujuk tetapi pasien menolak dan meminta bidan yang melakukan pertolongan.
JAWABAN    :
1)        Berikan konseling terlebih dahulu kepada pasien dan keluarga tentang tanda bahaya kasus kegawatdaruratan yang dialami pasien, untuk memastikan pihak pasien dan keluarga faham tentang kasus yang dialaminya. Dengan bahasa yang mudah di mengerti dan jika perlu berikan contoh kasus masyarakat yang ada dilingkungannya yang pernah mengalami kasus serupa dengan pasien.
2)        Jelaskan tentang wewenang kita sebagai bidan kepada pasien dan keluarga.
3)        Jika pasien dan keluarga sudah benar-benar memang tidak mau dirujuk, kita siapkan inform consent tentang penolakan rujukan secara tertulis disertai dengan bukti tanda tangan pasien atau keluarga. Lebih baik surat penolakan rujukan ditulis oleh tangan pasien atau keluarga pasien sendiri.
4)        Bantu pasien dan keluarga untuk menyiapkan tentang apa saja yang dibutuhkan.
5)        Lakukan asuhan kebidanan sesuai protap pada pasien.
6)        Lakukan pertolongan pasien dengan prosedur sesuai kegawatdaruratannya, dan minta bantuan teman sejawat untuk membantu pertolongan pasien.

7)        Tetap komunikasikan dengan dokter yang membawahi wilayah di tempat kerja anda ( bidan) atau dengan dokter spesialis tentang kasus kegawatdaruratan yang pasien alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASKEB KESPRO DISMINORE

PERUBAHAN IKLIM