ROLE PLAY WANITA DITEMPAT KERJA

ROLE PLAY
WANITA DITEMPAT KERJA
PEMAIN :
1.    Wanita Kerja                                    : Yuni Aisyah Ristasari
2.    Suami Wanita                                  : Istia Maria U.
3.    Bidan                                                : Violisia Berlian F.
4.    Direktur                                            : Endah Sri W.
5.    Teman Wanita                                 : Nurul Khustian Ulva
6.    Dokter                                              : Nur Saidah Fitriyah
7.    Narator/Teman Wanita 2               : Ariska Dyah Istanti


ADEGAN 1
Suatu ketika ada pasangan suami istri yang baru menikah. Sedangkan si istri bekerja sebagai buruh pabrik rokok. Dua bulan kemudian si istri mengeluh pada suami bahwa dia terlambat haid dan si istri takut jika dia hamil karena si istri tahu bahwa seorang wanita yang bekerja di pabrik rokok dapat mengancam jiwa janin yang di kandungnya.

Istri      : kang mas saya ini loh kok mual-mual terus? Terus saya ini kok juga sudah satu bulan ini ndak mens, kira-kira ada apa to?
Suami : jangan-jangan sampean hamil dek
Istri      : loh mask ok hamil to? Emoh aku mas
Suami : waduh sampean ini gimana toh dek !!  ya udah besok biar lebih jelas kita datang ke rumahnya bu bidan
Istri      : ya udah mas !!

Keesokan harinya suami istri pergi ke rumahnya bu bidan untuk periksa, sesampainya di rumah bu bidan :

Suami & istri : (tok..tok…) assalammualaikum bu bidan

Bidan  : wa’alaikumsalam
              Silahkan masuk bapak, ibu!! Silahkan duduk!! Ada yang bisa saya bantu pak?
Suami : begini bu bidan, istri saya ini loh katanya kok mual-mual, Kira-kira kenapa bu?
Istri      : iya bu, saya juga terlambat haid 1 bulan.
Bidan  : ya sudah bu saya periksa dulu, monggo bu!!
         
Kemudian bu bidan memeriksa ibu. Dari anamnesa dan pemeriksaan-pemeriksaan yang lainnya, diketahui bahwa ibu itu hamil. Kemudian si istri dan bidan kembali ke ruang periksa.

Bidan  : bu, sekarang ibu sedang hamil, usianya 4 minggu atau 1 bulan. Jadi, tolong benar-benar di jaga pola nutrisinya, istirahatnya, dan jangan terlalu bekerja berat
Suami : iya bu bidan, biar nanti saya ingatkan istri saya.
              Ya sudah bu!! Berapa biaya periksanya?
Bidan  : ohhh, cukup Rp. 25.000 pak.
Suami : ini bu!! Terimakasih bu bidan, kami permisi dulu bu!!
Istri      : mari bu bidan!!
              Assalamu’alaikum.

          Saat perjalanan pulang……
Istri      : mas, ini gimana toh, kok katanya bu bidan saya ini ndak boleh kerja berat, lha wong kerjaan saya ini loh berat!!
Suami : ya begini saja dik, sampean izin dulu sama mandor untuk meminta cuti dulu,kan biasanya seperti itu boleh cuti dik…
Istri      : iya mas, biar besok saya ngomong sama pak mandor, boleh apa ndak!!
Suami : walaaaahhhh akhirnya saya punya calon bayi juga!!
               (sambil mengelus perut istrinya)

Keesokan harinya seperti biasa sang istri bekerja pagi-pagi sekali.kemudian saat istirahat kerja, si istri menemui mandor.

 Istri        : permisi pak
Mandor  : ya masuk !! ada perlu apa?
Istri         : Begini pak, saat ini saya sedang hamil, apa saya boleh cuti atau paling tidak beri keringanan waktu kerja pak, karena saya sedang hamil pak
Mandor  : Wah…… ndak boleh mbak!! Ini sudah katentuan dari awal perjanjian. Kalau anda mau silahkan keluar dari pabrik, lagi pula masih banyak yang mau kerja di sini
Istri         : ya sudah pak kalau begitu,, saya ikut perjanjiannya saja. Terimakasih ,permisi pak.
Mandor  : iya !!

Setelah pulang kerja sang istri bercerita pada suami, dan meminta saran pada suaminya tentang masalahnya itu bersama mandor.

Istri         : mas, tadi saya sudah menemui pak mandor.
Suami     : terus gimana dik ?boleh kan ??
Istri         : sebentar toh mas, ini lho mau cerita, jangan senang dulu. gini,pak mandor ndak membolehkan. Katanya itu sudah ketentuan. Kalau mau ya sa  a disuruh keluar dari brik.
Suami     : terus gimana ini dik!!!! Kalau sampean ndak kerja, kebutuhan kita juga ndak cukup. Wong saya ini juga kerja dipabrik tapi saya ini juga kasian sama sampean.
Istri         : walah mas, sudahlah ndak apa-apa.

Setelah bebebrapa bulan menjalani pekerjaannya dan saat di tempat kerja,tiba-tiba sang istri mengalami perdarahan.

Istri         : haduh,,,mbak,,,ini kenapa saya kok berdarah banyak gini.
Teman    : waduh mbak….ada apa sampeyan ini,ayo tak antar kerumah sakit…heh mbak tolong sampeyan minta izin ke mandor,mbak zeni perdarahan,terus saya antar kerumah bu bidan terdekat pabrik.
Teman lain : iya…iya…mbak,saya bilang pak mandor dulu.
                 Setelah sampai di rumah bidan,segera di lakukan pemeriksaan.dan temannya segera menemui suami temannya tersebut.

          Setelah suami sampai dirumah bidan .

Suami     : bu…bagaimana keadaan istri saya?
Bidan      : oh…bagini pak,saat ini ibu mengalami keguguran,sebelumnya maaf pak kalau sya boleh tau ibu ini kerja apa?
Suami     : istri saya kerja di pabrik rokok bu bidan.
Bidan      : bagini pak! Sebenarnya ibu keguguran itukemungkinan ibu terlalu bekerja dan sering tercium bau tembakau yang dapat mengakibatkan janin kekurangan oksigen,sehinggan dapat mempengaruhi keadaan janin.
Suami     : terus ini gimana bu?
Bidan      : ibu segera di rujuk ke rumah sakit untuk tindakan kuretase.
Suami     : iya bu bidan.

Sesampai di rumah sakit,sang istri segera di bawah ke UGD dan saat setelah sang suami memberi persetujuan dokter segera melakukan tindakan kuretase.

Beberapa bulan kemudian setelah kuretase.sang istri keluar dari pabrik tersebut dan beralih pekerjaan membuka usaha kecil-kecilan di rumah, akhirnya sang istri hamil kembali.

Sang istri benar-benar menjaga kehamilannya sampai bayinya lahir.kemudian mereka hidup bahagia bersama putranya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASKEB KESPRO DISMINORE

PERUBAHAN IKLIM